It’s all about mind set

Bagi saya, benar adanya jika ada ungkapan yang mengatakan bahwa “you are what you think”. Apa yang kita pikirkan lah yang akan membentuk diri kita. Pikiran lah yang akan mempengaruhi gerak langkah kita dalam menjalani kehidupan.

Orang yang berfikir bahwa dia takut, maka dia akan takut. Sedangkan orang-orang yang berani melakukan sesuatu adalah orang yang berfikir bahwa dirinya berani. dan sebagainya.

Jadi, biasakan untuk ber positive thingking (berpikir positif) dalam menjalani hari-hari kita, apalagi saat menghadapi masalah. Membentuk diri dengan pikiran-pikiran positif yang akan menjadikan diri kita pribadi yang kuat.

Kendalikan emosi agar tetap bisa berfikir dengan jernih dan benar. Mengedepankan sifat tenang saat menghadapi sesuatu yang tidak mengenakkan atau tidak sesuai dengan keinginan kita. Jangan biarkan pikiran negatif, sifat pesimis, dan emosi yang meledak-ledak menguasai diri kita. Saat kita merasa sudah tidak sanggup memikrkan/menghadapi masalah sendiri, mengadulah sepuas-puasnya kepada Allah, rehatlah sejenak dari rutinitas, berceritalah kepada seseorang yang kita percaya, refreshing ke tempat yang kita sukai atau lakukan apapun yang bisa mengembalikan kesegaran pikiran kita.


Coba kita renungkan..... Jika ada pilihan untuk tetap bersemangat menghadapi masalah atau terhanyut dalam malas, keBTan, boring dkk kenapa kita tidak memilih saja untuk tetap bersemangat? Toh masalah sama-sama ada. Tapi semangat akan lebih menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk diri kita dan orang lain. Dan semangat akan membantu menyelesaikan masalah2 kita.

Jika ada pilihan untuk bersabar menghadapi orang-orang yang sangat mengesalkan dan menjengkelkan atau marah-marah dan ikut-ikutan menjengkelkan kenapa tidak kita pilih saja untuk bersabar? Saya yakin dengan kita bersabar,suasana tidak akan tambah runyam. Itung-itung juga biar gak kena penyakit darah tinggi atau jantung yang biasanya diidap oleh orang yang suka marah-marah..:-P

Jika ada pilihan untuk tersenyum dalam pahitnya kenyataan yang harus kita hadapai atau manyun, murung, kenapa tidak kita pilih saja untuk tersenyum? toh kenyataan sama-sama pahit. siapa tahu akan sedikit lebih manis dengan senyum kita. :-) (=sambil ngaca)

Pikiran dan perasaan memang sesuatu yang tidak terlihat tapi benar adanya. Sesuatu yang sangat abstrak tapi ia membentuk hidup kita. Dan ia bisa menjadi kekuatan yang maha dasyat untuk hidup kita.. Seperti mencintai. Sebuah aktivitas perasaan (=abstrak) tapi mampu menggerakkan seluruh sendi-sendi kehidupan kita.

Kita lah raja dari setiap lintasan hati dan pikiran yang muncul dari diri kita. Rajailah ia dengan pikiran dan perasaan yang positif.

Berusahalah untuk megalahkan diri sendiri agar mimpi-mimpi kta tercapai. Semangat!!!!!


agak-agak kacau dan tidak terstruktur tulisannya. Tapi, hanya mencoba menuliskan apa yang ada dalam pikiran untuk menyemangati diri sendiri dan seseorang di sana:-) 

Leave a respond

Posting Komentar