Logikamu tak akan pernah mampu menghitung seberapa besar rasa sayang mereka kepadamu!

Menyadari, dia telah berubah..

Rambut hitamnya yang dulu panjang terurai sudah banyak tergusur yang putih. Bahkan selalu menyisakan cabutan ditiap sisirannya seiring tercabutnya berbagai kemampuan dalam dirinya. Tanganya tak sekuat dahulu ketika setiap hari mampu memindah puluhan bahkan ratusan barang-barang gerabah dari tanah liat dan puluhan kayu yg menyusun kios tempat jualannya tiap pagi dan sore hari. Kakinya tak sesigap langkahnya dulu ketika setiap hari mampu berjalan dari rumah ke pasar tradisional tempatnya mengais rejeki tiap pagi dan sore hari. Hitam bola matanya mulai terhias warna putih karna efek biologis seiring berkurangnya kemampuan memandang dunia, tak seperti dahulu ketika usianya 50-an pun ingin belajar membaca dan menulis walaupun dengan terbata-bata. Telinganya masih menempel di kedua sisi kepalanya namun suara di sekitarnya tak mudah menempel di kendang telinganya hingga kadang hatiku terusik ketika harus berkata untuk sampaikan pesan dengan lantang atau pelan-pelan sebagai wujud penghormatan.


Sore itu dia terbujur lemas di atas kasur yang mulai mengeras karena seharian isi perutnya terkuras begitu deras. Dia terbangun lemah karna secara alamiah waktu maghrib menuntutnya menyembah illah. Ku pijit pelan dari belakang dengan sayang namun hanya kulit membalut tulang yang jari ini rasakan. Masa bodoh orang bilang cengeng, air mata ini mengalir begitu saja.

Kucium pipinya sambil berkata, 'Cepet mantun nggih Mak..'

Dia berkata dengan terbata dan kulihat getaran di bibirnya sambil memaksa senyum teduh dari mukanya,'Iyo Lik.. Putuku sing bagus dewe mejeti mak'ne.. Insyaallahl cepet mari..'


Sosoknya masih terbayang hingga saat ini.. Seorang nenek yang secara naluri akan lebih menyayangi cucunya melebihi rasa sayang ke anak-anaknya. Naluri alami walaupun kadang seorang cucu terlalu sibuk dengan berbagai urusan hingga melupakanya.

Sayangi nenekmu! Sayangi keluargamu! Logikamu tak akan pernah mampu menghitung seberapa besar rasa sayang mereka kepadamu!


Semoga bermanfaat..

Temanggung, 2 Januari 2010


Ku persembahkan untuk semua orang yang masih ditumbuhi kasih sayang di jiwanya dan untuk keluargaku tercinta terutama nenek yang mulai termakan usia.


Leave a respond

Posting Komentar